----------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------

Selasa, 09 Oktober 2012

Toyota Kembangkan Robot "Sahabat Manusia"


TOKYO - (Berita Suaramedia) Perusahaan produsen mobil terkemuka, Toyota mengembangkan robot yang dijuluki "best friend" (sahabat manusia). Robot tersebut diperuntukkan untuk keluarga di rumah, dirancang untuk dapat mengambil benda dan memberikannya kepada pemiliknya.

Dilansir Theage, Jumat (28/9/2012), robot yang disebut Human Support Robot ini didesain dengan mesin kompak berbentuk silinder 37 centimeter dalam diameter serta memiliki tinggi 130 centimeter. Robot ini bisa secara remote dikendalikan melalui komputer tablet untuk mengenali benda-benda di rumah. Human Support Robot terinspirasi dari anjing peliharan yang gemar mengambil benda untuk majikannya, kemudian perusahaan raksasa pembuat mobil asal Jepang itu merancang robot untuk melakukan tugas-tugas sederhana melalui perintah dari pemiliknya.

Selain lengan pencapit, Human Support Robot juga memiliki pad penghisap kecil, untuk "memegang" benda yang dibawanya. "Robot ini masih memiliki tantangan seperti memilih benda dari sebuah laci yang berisi segala macam hal," ujar Takasi Yamamoto, General Manager Toyota Advanced Technology Engineering Department.

Ia mengatakan, menemukan barang tertentu secara otomatis yang dilakukan robot pintar ini masih merupakan tantangan yang sulit. Robot tersebut harus mengenali terlebih dahulu benda apa yang dimaksud, untuk kemudian ia "genggam" dan diberikan kepada pemiliknya.

Kabarnya, robot ini lebih dikhususkan bagi pemiliknya yang telah manula. Produk yang membantu pekerjaan orang tua ini termasuk bisnis besar di Jepang.

Toyota telah menerapkan teknologi yang dikembangkannya untuk mobil, seperti sistem kontrol yang tepat untuk motor penggerak berkecepatan tinggi. Teknologi tersebut diadopsi dan didesain khusus untuk robot buatannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar