----------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------

Selasa, 27 Agustus 2013

JPL RoboSimian, Robot Kera Dengan Empat Anggota Badan Multi Sendi & Tangan Unik Yang Dapat Bergerak Secara Lebih Fleksibel

Setelah sukses menghadirkan beberapa robot Mars Rovers tangguh yang ditujukan untuk keperluan misi penjelajahan luar angkasa di planet Mars, tim NASA JPL kabarnya telah kembali menggarap proyek-proyek robot yang lebih duniawi.
Dikenal sebagai RoboSimian, robot JPL terbaru ini mirip seekor kera yang dirancang khusus untuk misi pencarian dan penyelamatan yang diperkirakan akan segera bersaing dalam ajang kompetisi DARPA Robotics Challenge.
Keempat anggota badan multi sendi dengan tangan unik yang tidak jelas mana bagian depan atau belakangnya, memungkinkan robot ini bisa bergerak secara lebih fleksibel. Terlebih berkat gerakan dan posturnya yang mirip seperti primata (kera), robot ini kabarnya sanggup dinavigasikan pada medan yang sulit, jenjang tangga yang menanjak, dan bahkan mengendarai kendaraan sekalipun.
Meskipun proyek robot ini bukanlah hal yang baru, namun JPL kabarnya baru saja mempublikasi video menarik yang menunjukkan RoboSimian bisa mencekram sebuah tools, mengangkat beratnya sendiri dan menyeimbangkan benda-benda halus. Berikut adalah cuplikan video menarik tersebut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar